BORNEO CRY'S

pernahkah anda menyadari bahwa ekspoitasi sumber daya alam kaltim sudah melewati batasan yang dapat di tanggungnya!!?? seperti kita manusia, kita memiliki batasan-batasan yang mampu kita terima. begitu juga dengan bumi kita, ada batasan yang mampu ditoleransikan untuk dikelola dalam upaya memenuhi dan meningkatkan kesejahteraan manusia. beberapa hari yang lalu tepatnya awal april, saya berkesempatan melakukan kajian lingkungan atau survei di salah satu perusahaan pertambangan di salah satu kabupaten 'terkaya' di kalimantan timur, ada banyak pelajaran yang saya peroleh dari perjalanan tersebut. sangat miris sekali, pengelolaan sumber daya alam tidak sebanding dengan peningkatan sarana-prasarana umum, maka jangan heran jika suatu saat anda melintasi jalan-jalan yang ada di daerah tersebut akan timbul suatu kesan "kemana saja hasil alam yang selama ini, koq daerah kaya SDA pembangunannya ambruadul begini". hal itulah yang terus saya renungkan sepanjang perjalanan hingga ke lokasi rencana eksploitasi pertambangan batubara.

Pengelolaan sumber daya alam kaltim sudah melebihi prinsip ketentuan mengenai pembangunan yang berkelanjutan, pemanfaatan SDA secara berlebihan pada saat ini tidak memberikan jaminan bahwa SDA tersebut akan dapat dikelola oleh generasi yang akan datang. pembagian kapling/areal tanah kaltim jika dilihat dari peta yang ada sangat memprihatikan, karena setiap areal telah dibagi kepada pengusaha pertambangan, perkebunan, maupun minyak dan gas sehingga dapat dibayangkan betapa hebatnya kerusakan yang akan ditimbulkan di kemudian hari. Dapat dibayangkan setiap kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan akan memberikan dampak yang luas mencngkup keseluruhan ekosistem bumi, termasuk manusia. agar dampak ini dapat di tanggulangi secara dini, perlu kesadaran dari setiap stacheolder untuk melestarikan lingkungan dan melakukan pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan agar keberadaan bumi tetap lestari khususnya kalimantan timur sebagai daerah "terkaya" tidak hanya meninggalkan kenangan yang buruk untuk generasi penerus. 
Selamatkan kalimantan timur dari bencana ekologis lingkungan, lakukan tindakan preventif dalam pengelolaan sumber daya alam untuk kehidupan yang lebih baik. Membangun Kaltim untuk semua, lestari.....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGURUS FKMPKN SAMARINDA 2012/2013