"KEBERSAMAAN" SESAAT DI DALAM SEGELAS MIRAS

Kebersamaan itu sangatlah penting, karena dengan kebersamaan akan memupuk kerjasama dan rasa solidaritas yang baik dalam mencapai suatu tujuan. Banyak tantangan yang mampu kita atasi jika ada kebersamaan dalam menghadapinya, bahk haan untuk menjadi sukses tidak terlepas dari suatu kebersamaan walaupun akhirnya yang mencapai kesuksesan hanya segelintir orang-orang yang berintegritas. Kebersamaan dapat di bentuk dari hal-hal kecil, seperti adanya intensitas pertemuan yang stabil disertai komunikasi yang interaktif sehingga perlahan akan berpengaruh kepada kebersamaan dalam komunitas yang besar. Dengan kebersamaan seseorang dapat membentuk dan menemukan jati dirinya, karena sebagian orang membutuhkan dorongan dari sebuah kebersamaan untuk mengetahui bagaimana seharusnya berperilaku untuk meleat problema kehidupan.

Pada saat ini nilai kebersamaan mulai memudar, khususnya di kalangan generasi muda sebagai generasi penerus. Ada banyak hal yang melatarbelakangi hal tersebut, seperti anggapan bahwa 'kita mampu menghadapi tantangan yang ada tanpa bantuan orang lain' sehingga terjadi kecenderungan untuk menghindari pertemuan-pertemuan yang bersifat positif seperti beribadah, berdiskusi, dan bermusyawarah bersama. Selain itu kecenderungan sikap generasi muda yang lebih menyukai hal-hal yang berkaitan dengan pesta pora dan berfoya-foya lebih menarik minat untuk di hadiri daripada yang hanya sekedar tukar pendapat dalam pertemuan yang formal maupun non formal.

Lebih menyedihkan lagi, jika kita melihat pergaulan generasi muda pada saat ini. Ironis sekali nilai kebersamaan pada saat ini sangatlah tidak bernilai baik karena kebersamaan dapat terbentuk hanya dengan 'segelas' minuman berakohol. Satu hingga sepuluh orang dapat bekerjasama dengan baik untuk menggilir segelas minuman beralkohol secara bergantian dengan disertai 'gurauan' dalam waktu sesaat. Apakah ini nilai kebersamaan pada saat ini, apakah ini caranya generasi muda membetuk kebersamaa, apakah dengan cara ini generasi muda membentuk moralitas yang baik, dan apakah dengan cara ini generasi muda mempersiapkan diri untuk kehidupan masa depan yang lebih baik, lebih menjanjikan dalam meningkatkan kualitas hidu!!???


NILAI KEBERSAMAAN PADA SEGELAS MIRAS

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGURUS FKMPKN SAMARINDA 2012/2013

BORNEO CRY'S