Krayan Selatan

Krayan Selatan
—  Kecamatan  —
Pemerintahan
 - Camat
Sultan Tadem S,ip
Luas
1.756,46 km²
Jumlah penduduk
2.271 jiwa
Kepadatan
- jiwa/km²
-
Krayan Selatan adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur, Indonesia. Krayan Selatan merupakan pemekaran dari Kecamatan Krayan, juga berbatasan dengan Sarawak, Malaysia. Pusat pemerintahan berada di Long Layu, dengan jumlah penduduk 2.271 jiwa. Untuk mencapai kecamatan ini harus digunakan transportasi udara, menuju ke bandara perintis Long Layu. Kecamatan Krayan Selatan terdiri dari beberapa desa yaitu: Long Layu sebagai pusat pemerintahan kecamatan, Pa' Upan, Long Rungan,  Tang Laan, Long Padi, Binuang dan Ba'Liku dengan keanekaragaman bahasa, budaya dan kehidupan sosial yang tidak jauh berbeda.
Komposisi penduduk, kondisi alam dan budaya kecamatan ini mirip dengan Kecamatan Krayan, termasuk potensi unggulannya berupa padi adan dan kekayaan keanekaragaman hayati Taman Nasional Kayan Mentarang. Meski terletak di pedalaman, pelayanan dasar di bidang pemerintahan, kesehatan dan pendidikan terus diupayakan dengan memelihara semangat untuk maju dan berkembang dalam segala keterbatasan yang ada.
permasalahan yang terjadi di kecamatan ini adalah kurangnya tersentuhnya dampak langsung pembangunan pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, seperti pada bidang perekonomian dan pendidikan yang menjadi salah satu sektor pembangunan SDM yang berkualitas. pada kawasan yang biasa di sebut terisolir ini harga kebutuhan sehari-hari sangat mahal dengan perbandingan untuk bensin Rp.5000 liter di kota sedangkan di krayan bisa meningkat dua kali lipat menjadi Rp.15.000-20.000/liter. untuk sarana pendidikan masih sangat terbatas, hanya sampai pada tingkatan SD saja yang merata di setiap desa dan tingkatan selanjutnya harus melanjutkan di luar desa bersangkutan. selain itu kurangnya tenaga pendidik yang profesional dan mampu menghadapi tantangan mengajar di daerah perbatasan juga menjadi salah satu faktor utama yang menghampat upaya peningkatan kualitas hidup SDM Krayan.
Batas wilayah
Batas-batas wilayah kecamatan Krayan Selatan adalah sebagai berikut :
Kecamatan Krayan Utara

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGURUS FKMPKN SAMARINDA 2012/2013

BORNEO CRY'S